"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

AKTE KELAHIRAN

Kewajiban Pendaftaran Kelahiran Anak

Berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan maka  kewajiban setiap orang untuk melaporkan setiap peristiwa kelahiran anak. Pelaporan pencatatan kelahiran anak dimaksud adalah :

  1. Pencatatan Kelahiran di Indonesia  (Pasal 27).
  2. Pencatatan Kelahiran di luar Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia  (Pasal 29).
  3. Pencatatan Kelahiran di atas Kapal Laut atau Pesawat Terbang  (Pasal 30).
  4. Pencatatan Kelahiran yang Melampaui Batas Waktu  (Pasal 32).
  5. Pencatatan Lahir Mati  (Pasal 33).

Pengertian  Akte Kelahiran Adalah  bukti sah yang autentik mengenai status anak yang diterbitkan oleh Kantor Dinas Catatan Sipil Kabupaten maupun Kota.

I.  Pencatatan Kelahiran di Indonesia.

   Pasal 27

  1. Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana di tempat terjadinya peristiwa kelahiran paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran.
  2. Berdasarkan laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pejabat Pencatatan Sipil mencatat pada Register Akta Kelahiran dan menerbitkan Kutipan Akta Kelahiran.

   Pasal 28

  1. Pencatatan kelahiran dalam Register Akta Kelahiran dan penerbitan Kutipan Akta Kelahiran terhadap peristiwa kelahiran seseorang yang tidak diketahui asal-usulnya atau keberadaan orang tuanya, didasarkan pada laporan orang yang menemukan dilengkapi Berita Acara Pemeriksaan dari kepolisian.
  2. Kutipan Akta Kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diterbitkan oleh Pejabat Pencatatan Sipil dan disimpan oleh Instansi Pelaksana.
 

II.  Pencatatan Kelahiran di luar Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

   Pasal 29

  1. Kelahiran Warga Negara Indonesia di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib dicatatkan pada instansi yang berwenang di negara setempat dan dilaporkan kepada Perwakilan Republik Indonesia.
  2. Apabila negara setempat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak menyelenggarakan pencatatan kelahiran bagi orang asing, pencatatan dilakukan pada Perwakilan Republik Indonesia setempat.
  3. Perwakilan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mencatat peristiwa kelahiran dalam Register Akta Kelahiran dan menerbitkan Kutipan Akta Kelahiran.
  4. Pencatatan Kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilaporkan kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak Warga Negara Indonesia yang bersangkutan kembali ke Republik Indonesia.

III.  Pencatatan Kelahiran di atas Kapal Laut atau Pesawat Terbang

   Pasal 30

  1. Kelahiran Warga Negara Indonesia di atas kapal laut atau pesawat terbang wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana di tempat tujuan atau tempat singgah berdasarkan keterangan kelahiran dari nahkoda kapal laut atau kapten pesawat terbang.
  2. Dalam hal tempat tujuan atau tempat singgah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kelahiran dilaporkan kepada Instansi Pelaksana setempat untuk dicatat dalam Register Akta Kelahiran dan diterbitkan Kutipan Akta Kelahiran.
  3. Dalam hal tempat tujuan atau tempat singgah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kelahiran dilaporkan kepada negara tempat tujuan atau tempat singgah.
  4. Apabila negara tempat tujuan atau tempat singgah sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak menyelenggarakan pencatatan kelahiran bagi orang asing, pencatatan dilakukan pada Perwakilan Republik Indonesia setempat.
  5. Perwakilan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mencatat peristiwa kelahiran dalam Register Akta Kelahiran dan rnenerbitkan Kutipan Akta Kelahiran.
  6. Pencatatan Kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan ayat (4) wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak Warga Negara Indonesia yang bersangkutan kembali ke Republik Indonesia.  

Pasal 31

Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan rata cara pencatatan kelahiran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27, Pasal 28, Pasal 29, dan Pasal 30 diatur dalam Peraturan Presiden. 

IV.  Pencatatan Kelahiran yang Melampaui Batas Waktu.

   Pasal 32

  1. Pelaporan kelahiran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) yang melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari sampai dengan 1 (satu) tahun sejak tanggal kelahiran, pencatatan dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan Kepala Instansi Pelaksana setempat.
  2. Pencatatan kelahiran yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan berdasarkan penetapan pengadilan negeri.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pencatatan kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dalam Peraturan Presiden.
 

V.  Pencatatan Lahir Mati

   Pasal 33

  1. Setiap lahir mati wajib dilaporkan oleh Penduduk kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak lahir mati.
  2. Instansi Pelaksana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) rnenerbitkan Surat Keterangan Lahir Mati.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pencatatan lahir mati sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dalam Peraturan Presiden.
 

Kegunaan Akte Kelahiran:

  1. Sebagai administrasi kependudukan : KTP , KK, Domisili.
  2. Persyaratan pembuatan SIM, Paspor.
  3. Pendaftaran Sekolah.
  4. Pendaftaran pernikahan.
  5. Mencari pekerjaan.
  6. Untuk mengurus hak ahli waris, tunjangan keluarga, hak dana pensiun.
  7. Mengajukan kredit KPR, Bank.
 

Persyaratan Pendaftaran Kelahiran/Pembuatan Akta Kelahiran:

Mengisi formulir permohonan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan melampirkan :

  1. Foto Copy KTP  Ibu  dan Ayah,
  2. Foto Copy Kartu Keluarga Orangtua,
  3. Fotokopi Akte Pernikahan Orangtua:
  4. Jika orangtua sudah bercerai dengan menggunakan akta cerai).
  5. Bagi orangtua yang belum punya akta pernikahan harus mengajukan permohonan itsbath nikah ke Pengadilan Agama  (Muslim) dan ke Pengadilan Negeri (non muslim).
  6. Surat Keterangan Lahir dari Bidan/Klinik atau Rumah Sakit yang disahkan di desa/kelurahan
  7. Jika anak yang tidak diketahui asal usulnya misal adopsi atau anak pungut, persyaratan pembuatan akta harus dilengkapi dengan surat keterangan dari kepolisian (menjelaskan asal usul anak) dan dokter (menjelaskan perkiraan usia anak).
 

Biaya Pendaftaran Akte Kelahiran:

Sebenarnya untuk pendaftaran kelahiran dan pembuatan Akta Kelahiran secara resmi  gratis, kecuali bagi yang terlambat  pengurusan di atas 60 hari dikenakan denda maksimal satu juta rupiah atau sesuai dengan ketentuan Daerah masing-masing.

Sanksi.

Sebaiknya jika orangtua melahirkan anak langusng mendaftarkan kelahiran anaknya yang dapat dilakukan melalui Bidan/Klinik dan rumah Sakit tempat melahir. Jika pendaftaran dilakukan terlambat maka sanksi dan denda akan dikenakan.

Biaya Pendaftaran Akte Kelahiran:

Sebenarnya untuk pendaftaran kelahiran dan pembuatan Akta Kelahiran secara resmi  gratis, kecuali bagi yang terlambat  pengurusan di atas 60 hari dikenakan denda maksimal satu juta rupiah atau sesuai dengan ketentuan Daerah masing-masing.

Sanksi.

Sebaiknya jika orangtua melahirkan anak langusng mendaftarkan kelahiran anaknya yang dapat dilakukan melalui Bidan/Klinik dan rumah Sakit tempat melahir. Jika pendaftaran dilakukan terlambat maka sanksi dan denda akan dikenakan.

Pasal 90

(1) Setiap Penduduk dikenai sanksi administratif berupa denda apabila melampaui batas waktu pelaporan Peristiwa Penting dalam hal:
a. kelahiran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) atau Pasal 29 ayat (4)atau Pasal 30 ayat (6) atau Pasal 32 ayat (1) atau Pasal 33 ayat (1):
(2) Denda administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah).


Catatan:

Jika persyaratan dan data lengkap maka pengurusan dapat selesai dalam jangka waktu 2 hari.

20 Mei 2012 - Posted by | Artikel Perizinan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: