"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Pembuatan SIUP

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)
Lokasi Pembuatan
Kantor Dinas Perindustrian Kabupaten / Kota
Lama Proses
Biaya
Ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda).
.
SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah surat izin yang dikeluarkan oleh Intansi Pemerintah untuk dapat melaksanakan usaha perdagangan.
SIUP wajib dimiliki oleh setiap orang yang menjalankan suatu usaha, karena SIUP berfungsi sebagai alat atau bukti pengesahan dari suatu usaha yang Anda lakukan.
.
SIUP dibutuhkan oleh pelaku usaha perseorangan maupun pelaku usaha yang telah berbadan hukum. Tidak hanya usaha berskala besar saja yang
membutuhkan izin mendirikan usaha, usaha kecil juga membutuhkan adanya surat izin usaha perdagangan agar usaha yang dijalankan mendapatkan pengakuan dan pengesahan dari pihak pemerintah. Sehingga di kemudian hari tidak terjadi masalah yang dapat mengganggu perkembangan usaha.
.
Klasifikasi SIUP
Dasar Hukum penerbitan SIUP saat ini adalah PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA, tanggal 16 September 2009, No. 46/M-DAG/PER/9/2009 (biasa disebut “Permendag 46/2009”), yang mulai diberlakukan efektif sejak tanggal 1 Juli 2010.
.
Berdasarkan Pasal 3 ayat 1,2, dan 3 Permendag 46/2009,klasifikasi Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diterbitkan sebagai berikut:
1.
Perusahaan
Kecil
adalah  perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 50.000.000,- sampai dengan maksimum Rp. 500.000.000,-; tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
2.
Perusahaan
Menengah
adalah perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 500.000.000,- sampai dengan maksimum Rp. 10 Milyar; tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
3.
Perusahaan
Besar
adalah perusahaan dengan kekayaan bersih lebih dari Rp. 10 Milyar (tidak termasuk tanah dan bangunan serta tempat usaha)
.
SIUP untuk Usaha dengan Kekayaan bersih kurang dari Rp. 50.000.000,- diatur pada Pasal 2 ayat 3 Permendag 46/2009, maka perusahaan masuk ke dalam kategori Perusahaan Perdagangan Mikro, dan karenanya akan diberikan SIUP MIKRO.
.
Sebelumnya PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA No. 36/M-DAG/PER/9/2007 tanggal 4 September 2007, tentang Penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan, diklasifikasi sebagai berikut:
1.
PerusahaanKecil
(Warna Putih)
diberikan untuk Perusahaan dengan kekayaan bersih
kurang dari Rp. 200.000.000,-
2.
PerusahaanMenengah
(Warna Biru)
diberikan untuk Perusahaan dengan kekayaan bersih di atas Rp.200.000.000,- sampai dengan Rp.500.000.000,-
3.
PerusahaanBesar
(Warna Kuning)
SIUP Besar diberikan untuk Perusahaan dengan kekayaan bersih di atas  Rp.500.000.000,-
4.
SIUP PT. Tbk
(Warna Hijau)
diberikan untuk Perusahaan yang menjual sahamnya pada masyarakat  lebih dari 49% dari total saham yang dikeluarkan oleh Perusahaan tersebut.
.
Berikut Prosedur dan persyaratan untuk mendapatkan SIUP :
1.  Pemilik atau pelaku usaha mengurus sendiri atau melalui kuasa yang dikuasakan ke kantor Dinas Perindustrian setempat.
2. Mengambil formulir pendaftaran, mengisi formulir SIUP / PDP bermaterai Rp 6.000,- yang ditandatangani oleh pemilik usaha. Kemudian formulir yang sudah diisi kemudian di fotocopy sebanyak dua rangkap, yang dilengkapi dengan syarat – syarat
berikut :
·        Fotocopy akte pendirian usaha / badan hukum sebanyak 3lembar
·        Fotocopy KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) sebanyak 3 lembar
·        Fotocopy NPWP sebanyak 3 lembar
·        Fotocopy ijin gangguan / HO sebanyak 3 lembar
·        Neraca perusahaan sebanyak 3 lembar
·        Gambar denah lokasi tempat usaha
3. Biaya pembuatan SIUP disesuaikan dengan peraturan daerah masing–masing.
.
Dengan memiliki SIUP yang jelas dan sesuai dengan klassifikasi usaha maka usaha yang dijalankan akan aman karena terhindar dari masalah perijinan yang sering berakibat hingga penggusuran tempat usaha.
___

26 Juli 2012 - Posted by | Artikel Perizinan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s