"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Jadi Tersangka, Gubernur Jabar Akan Bela Bupati Bogor

Rahmat Yasin jadi tersangka karena melakukan kampanye ilegal.

Bupati Bogor Rachmat Yasin

VIVAnews – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menegaskan akan membela Bupati Bogor Rahmat Yasin, atas penetapan tersangka oleh Polres Depok terkait pelanggaran saat pemilu gubernur lalu.

Polisi menilai Rachmat yang kini menjabat Bupati Bogor dinilai melakukan kampanye ilegal saat Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013.

“Kalau saya lihat, seharusnya Panwaslu bersikap adil. Kan banyak juga bupati dan gubernur yang ikut kampanye saat Pilgub kemarin,” kata Aher kepada wartawan, Kamis, 14 Maret 2013.

Ahmad Heryawan menambahkan, akan mencari tahu perihal penetapan Bupati Bogor ini, apakah delik aduan atau bukan, sebelum melakukan pembelaan.

“Justru ingin tahu delik aduan atau bukan. Sehingga kita bisa membela apa yang dituduhkan polisi ke Bupati Bogor,” ujar Heryawan.

Seperti disampaikan Kapolresta Depok, Komisaris Besar Achmad Kartiko, Rachmat Yasin dijerat dengan UU Pemilu nomor 32 tahun 2004 Pasal 116 ayat (4) j0 Pasal 80 dengan ancaman maksimal kurungan 6 bulan.

Berkaitan dengan hal ini, polisi telah memintai keterangan kepada Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu). Dan dari alat bukti yang diamankan, telah memenuhi unsur tindak pidana pemilu. Selain itu, Rachmat Yasin tidak cuti saat berkampanye ilegal itu.

Bupati Bogor itu ditetapkan sebagai tersangka pada Senin 12 Maret 2013. Dari hasil penyidikan, salah satu bentuk pelanggaran tersangka masuk di wilayah hukum Polresta Depok, yakni di kawasan Bojonggede, Bogor.

Namun, sejumlah pihak mempertanyakan penangan kasus ini tak sama dengan apa yang pernah dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang pernah berkampanye untuk pasangan calon Gubernur Jabar Rieke-Teten di Depok, beberapa waktu lalu. (eh)

Sumber : metro.news.viva.co.id

16 Maret 2013 - Posted by | Artikel Pemilukada, Sengketa Pemilukada |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s