"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Percepatan Pilkada di Deli Serdang Terkendala Perpu

@IRNewscom | Medan: RENCANA percepatan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara saat ini masih terkendala peraturan pengganti undang-undang tentang percepatan proses pilkada. Hingga kini, peraturan pengganti tersebut masih belum keluar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terus menunggunya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang M Yusri di Medan, Minggu (17/02), mengatakan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) itu diperlukan untuk memperkuat payung hukum pelaksanaan pilkada di daerah itu.

Menurut dia seperti dilansir ANTARA, untuk kalangan internal, pihaknya telah menerima surat edaran dari KPU Pusat mengenai percepatan pelaksanaan pilkada agar mempermudah penyelenggaraan Pemilu 2014.

Meski demikian, pihaknya telah menyiapkan draf dan jadwal nontahapan untuk memperlancar pelaksanaan pilkda setelah keluarnya Perppu tersebut.

Ia mencontohkan rencana draf tentang tata cara pemutakhiran data pemilih, serta tata cara pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Demikian juga dengan tata cara tentang verifikasi bakal calon dari jalur perseoranga, jalur parpol dan gabungan parpol, serta tata cara kampanye.

Kemudian, secara teknis dan anggaran, pihaknya juga tidak mengalami kendala disebabkan dana pelaksanaan pilkada telah disetujui dan dialokasi sebesar Rp44 miliar.

Jika Perppu tentang percepatan pelaksanaan pilkada tersebut telah keluar, pihaknya dengan mudah melaksanakan pilkada karena telah mempersiapkan draf dan anggaran yang dibutuhkan. “Kami harapkan, Perppu itu segera keluar,” katanya.

Jika Perppu tersebut telah keluar, pihaknya akan menyelenggarakan pilkada Deli Serdang menjelang akhir 2013 disebabkan masa jabatan bupati dan wakil bupati di daerah itu berakhir pad April 2014.

Sumber : indonesiarayanews.com

8 April 2013 - Posted by | Berita Pemilikada di Sumut |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s