"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Sopir Transjakarta Ancam Mogok, Ahok: 1.000 Hari Sekalian!

Sopir Transjakarta Ancam Mogok, Ahok: 1.000 Hari Sekalian!

(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta : Tak semua sopir Transjakarta beruntung mendapatkan gaji 3,5 kali lipat dari upah minimum provinsi (UMP) atau sebesar Rp 7,7 juta. Buktinya, masih ada sopir Transjakarta dari 7 koridor lagi yang masih menerima gaji 1 kali UMP. Mereka yang kecewa pun mengancam akan mogok hingga tuntutan gaji 3,5 kali UMP terpenuhi.

Menyikapi ancaman tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan tak akan melarang. “Kalau bapak-ibu mogok, mogok saja,” ucap Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (26/4/2013).

1.000 hari sekalian. Kita jadi berantakan dan tetap tidak bisa penuhi tuntutan bapak dan ibu,” cetusnya.

Dengan mogok, lanjut Ahok, justru akan semakin mempersulit upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendesak operator menaikkan gaji para sopir. 

“Tidak mogok saja orang sudah teriak-teriak. Apalagi kalau mogok. Kita sudah pikir jalanan akan semakin macet. Kepercayaan orang terhadap Transjakarta juga akan menurun,” ujarnya.

Menurut Ahok, lalu-lintas Jakarta akan semakin kacau karena membludaknya pengendara roda dua. “Kalau jumlah motor meledak, risiko bapak-ibu kemudikan bus Transjakarta akan semakin tinggi. Kemungkinan tabrak motor akan tinggi sekali,” ujar Ahok.

Sebelumnya, baru ada 3 koridor dari 2 operator yang telah menerima gaji 3,5 kali UMP. Mereka yakni Damri yang melayani koridor I (Blok M-Kota) dan koridor XI (Kampung Melayu-Pulo Gebang), serta Bianglala yang menaungi koridor XII.

Sedangkan pramudi yang tergabung dalam PT JET, PT JMT, PT JTM, PT TB, PT PP, PT Lorena, PT BMP dan PT TMB hanya menerima gaji 1 kali UMP karena masih terbentur dengan aturan pada 2011 lalu. Aturan itu menyatakan mereka hanya menerima gaji 1 kali UMP 2013. Mereka baru bisa menikmati kenaikan jika kontrak lama dengan operator berakhir.

Sumber: news.liputan6.com

1 Mei 2013 - Posted by | Artikel Karyawan, Berita Nasional, Jabodetabek |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: