"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Bayar Buruh di Bawah UMR, Pengusaha Ini Dijebloskan Penjara.

Bayar Buruh di Bawah UMR, Pengusaha Ini Dijebloskan Penjara

Bayar Buruh di Bawah UMR, Pengusaha Dijebloskan ke Penjara.


Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menyandang status daftar pencarian orang (DPO), tim dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya akhirnya berhasil mengeksekusi Tijo Christiana Chandra, Pimpinan PT Terang Suara, Selasa (17/9/2013).

Tjio ditangkap saat mengajukan Peninjauan Kembali (PK) di PN Surabaya siang tadi. Proses penangkapan yang dilakukan tim Kejari yang dikoordinir Jaksa Edy Winarko tidak menemui kendala. Sebab, terpidana kasus menggaji buruh di bawah Upah Minimum Regional (UMR) ini tidak melakukan perlawanan.

Begitu usai mengikuti sidang PK-nya, Tjio yang sudah diintai tim intelejen Kejari Surabaya sejak pagi ini langsung diciduk dan langsung dimasukkan ke mobil tahanan. Setelah mengikuti pemeriksaan administratif di Kejari Surabaya, Tjio dijebloskan ke Rutan Klas I Surabaya.

Kasipidum Kejari Surabaya Judhi Ismono menyatakan, jika Tjio tidak mengajukan keberatan atas penahanannya. Tjio didampingi kuasa hukumnya bersikap kooperatif. “Tidak ada perlawanan, dan juga tidak keberatan atas penahanannya” tegas Judhy.

Tijo menjadi buron Kejari Surabaya atas perkara gaji buruh di bawah UMR yang sudah diputus Mahkamah Agung (MA) Juni lalu. Dalam putusanya, hakim MA memvonis satu tahun dan denda Rp. 100 juta dengan subsider tiga bulan kurungan.

Hakim MA menilai, terpidana melanggar Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 Undang-Undang No. 3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Tjio terbukti tidak membayar gaji karyawan sesuai dengan UMR Kota Surabaya 2009. Ketika itu karyawan hanya digaji sebesar Rp 800 ribu, padahal UMR sebesar Rp. 948.500 ribu.

Putusan MA ini membatalkan vonis hakim PN Surabaya menjatuhkan putusan bebas pada Tijo Januari 2011 lalu.

Perkara Tijo ini menarik perhatian, selain dikawal organisasi buruh, dan Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka,  kasus pengusaha yang dipidanakan buruh lantaran menggaji dibawah UMR ini juga pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Sumber: BeritaJatim.com

18 September 2013 - Posted by | Artikel Karyawan, Berita Daerah, Berita Nasional, Hak Normatif Karyawan | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: