"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Buruh akan mogok besar-besaran, ini jawaban pemerintah.

Buruh akan mogok besar-besaran, ini jawaban pemerintah

Buruh long march dari HI ke Istana. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan tuntutan kenaikan upah buruh bukan lagi menjadi agenda para buruh. Menurutnya, tuntutan itu juga sudah menjadi agenda pemerintah dalam menyejahterakan para buruh.

“Tuntutan atau kenaikan upah, bukan hanya jadi agenda buruh. Agenda itu juga jadi konsen pemerintah,” ujar dia dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta, Jumat (25/10).

Dia meminta agar para buruh juga melihat dunia usaha serta standar kebutuhan hidup layak (KHL) yang akan diputuskan oleh dewan pengupahan dalam meminta kenaikan upah buruh. “Para pekerja mestinya berjuang bersama-sama sekaligus tidak merugikan para buruh,” kata dia.

Sementara itu, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan tuntutan para buruh untuk kenaikan upah akan disepakati bersama dengan pemerintah. Kesepakatan tersebut akan diputuskan oleh pemerintah daerah.

“Para buruh, pemerintah dan pengusaha melakukan proses dialog. Kalau sudah sepakat pemerintah daerah memutuskan,” pungkas dia.

Pernyataan Muhaimin dan MS Hidayat ini menanggapi rencana buruh yang akan mogok secara nasional pada 31 Oktober – 1 November 2013 mendatang. Diperkirakan ada 3 juta buruh yang akan mogok. Para buruh ini akan akan berdemo serentak di kota-kota besar.

Berita Terkait:

Sumber: Merdeka.com

26 Oktober 2013 - Posted by | Berita Nasional, Demo Buruh, Hak Normatif Karyawan | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: