"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Tolak Inpres No 9 Tahun 2013, buruh Medan turun ke jalan.

Tolak Inpres No 9 Tahun 2013, buruh Medan turun ke jalan

.

Merdeka.com – Unjuk rasa dan seruan mogok nasional juga dilakukan buruh di Sumatera Utara, Senin (28/10). Aksi terjadi di sejumlah tempat, seperti di kantor Gubernur dan DPRD Sumut.

Di Kantor Gubernur Sumut, Jalan P Diponegoro, Medan, ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (F SP LEM)-SPSI tidak spesifik meminta nilai upah tertentu. Namun, mereka menyatakan menolak Inpres No 9 Tahun 2013.

“Dalam inpres ini dikatakan bahwa besaran kenaikan di daerah yang upah minimumnya telah mencapai KHL atau lebih, ditetapkan secara bipartit antara pemberi kerja dan pekerja,” kata Gimin, ketua Dewan DPC F SP LEM-SPSI Kota Medan.

Menurut pengunjuk rasa, jika tidak ada penetapan upah dari Dewan Pengupahan, pekerja atau pimpinan unit kerja tidak akan punya acuan untuk berdialog dengan pemberi kerja.

Selain menolak Inpres No 9 Tahun 2013, massa F SP LEM-SPSI juga menolak upah murah. “Kami juga menuntut dihapuskannya sistem outsourcing,” jelas Gimin.

Lebih luas lagi, buruh juga menuntut penghentian pemadaman listrik yang masih terjadi. “Turunkan dan stabilkan harga sembako,” teriak para pengunjuk rasa.

Ratusan buruh juga berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan. Mereka membawa bendera Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992. Para buruh ini juga menolak Inpres No 9 Tahun 2013 dan menolak upah murah.

“Inpres itu sangat jelas hanya untuk memperkokoh kebijakan upah murah, karena lebih menekankan pada kelangsungan usaha dengan membayar upah minimum yang dibungkus dalam bahasa tahapan pencapaian kebutuhan hidup layak,” kata Pahala Napitupulu, koordinator aksi.

Akibat demo ini menyebabkan kemacetan di sejumlah lokasi, terutama di jalan-jalan yang menjadi sasaran pengalihan arus lalu lintas. Kepadatan kendaraan di antaranya terpantau di Jalan Imam Bonjol Medan.

29 Oktober 2013 - Posted by | Berita Nasional, Demo Buruh, Hak Normatif Karyawan | , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: