"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Mendagri Tegur Gubernur Sumut.

Gamawan Fauzi
Gamawan Fauzi

METROSIANTAR.com, JAKARTA – Masih adanya daerah yang belum menetapkan APBD Tahun 2014 membuat gerah pemerintah pusat. Pasalnya, keterlambatan penetapan APBD akan menggangu pembangunan dan perekonomian di daerah.

Mendagri Gamawan Fauzi mengaku telah mengirimkan surat teguran kepada Gubernur dan DPRD di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta dan Papua. Kelima daerah itu diminta segera menuntaskan APBD 2014. “Surat teguran itu untuk gubernur dan DPRD,” ujar mantan Gubernur Sumbar itu, Jumat (3/1) malam.

Apabila dalam triwulan pertama tahun ini APBD tidak juga selesai, maka Kementerian Keuangan akan memberikan sanksi berupa penangguhan dana transfer ke daerah setelah setelah berkoordinasi dengan Kemendagri.

Hal itu diatur dalam PP Nomor 65 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 Tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah. Sanksi tersebut, kata Gamawan, untuk mendorong pemda lebih cepat dan tepat waktu dalam melakukan penyusunan APBD dan pelaporan keuangan daerah sehingga dapat tercipta kepastian hukum.

Dana perimbangan merupakan salah satu dana transfer dari pusat yang digunakan untuk mendukung program-program pemda.”Apabila APBD terlambat ketok palu, maka pembangunan dan perekonomian daerah bisa terganggu,” tegasnya. (esg/jpnn)

Baca juga

Sumber: Metro Siantar.

6 Januari 2014 - Posted by | Berita Daerah, Berita Nasional | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: