"JEB & Partners"

Advokat & Konsultan Hukum

Kaleidoskop Hukum: Periode September-Desember 2013..

Dua petinggi lembaga penegak hukum menjadi bahan pembicaraan sepanjang periode September dan Oktober 2013. Yang satu dihukum bersalah, yang satu tertangkap tangan.

Kedua tokoh hukum dimaksud adalah Irjen Pol. Djoko Susilo dan M. Akil Mochtar.

Yang pertama, didakwa melakukan korupsi dalam poyek simulator SIM dan melakukan pencucian uang. Yang kedua tertangkap tangan bersama anggota DPR Chairun Nisa. Selain terseret kasus korupsi, nama Djoko dan Akil menjadi pembicaraan karena keduanya duduk di lembaga penegak hukum. Bahkan punya jabatan penting! Djoko adalah Kakorlantas Mabes Polri, sedangkan Akil Ketua Mahkamah Konstitusi.

 Mengawali pekan pertama September 2013, Pengadilan Tipikor Jakarta akhirnya menjatuhkan vonis 10 tahun penjara kepada Djoko Susilo. Ia dinyatakan terbukti korupsi dan melakukan pencucian uang.

 Ketika korupsi masih menjadi musuh masyarakat, tiba-tiba muncul insiden pertemuan kebetulan di toilet DPR saat digelar seleksi calon hakim agung. Karuan saja isu ini mengisi media massa, meskipun pada akhirnya calon yang dituduh melakukan lobi kepada anggota DPR itu tak terbukti berbuat seperti yang dituduhkan.

 Selama dua bulan, dunia hukum Indonesia banyak diisi berita seputar KPK dan sepak terjangnya. Termasuk pembocoran rencana penggeledahan KPK ke rumah anggota DPR di Manado.

Namun bukan berarti tak ada kasus lain. Di Pengadilan Niaga, permohonan pembatalan merek berskala internasional tetap masuk. Demikian pula perdebatan-perdebatan di sidang kepailitan. Mahkamah Agung juga mengeluhkan implementasi Peraturan tentang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di kepolisian dan kejaksaan. Ini mencerminkan kerjasama lembaga penegak hukum belum sepenuhnya jalan. Akibatnya korupsi terus terjadi, termasuk temuan BPK dalam penyelenggaraan ujian nasional 2012 dan 2013.

 Semakin mendekati tahun politik 2014, hiruk pikuk hukum nasional semakin diwarnai dinamika politik. Ketika MK masih berkutat memperbaiki diri termasuk meminta masukan kalangan advokat, DPR mengesahkan sejumlah RUU menjadi Undang-Undang termasuk revisi UU Jabatan Notaris, dan RUU Desa. Serangkan antar lawan politik juga mulai sering terdengar, sampai-sampai Presiden SBY menunjuk tim pengacara. Putusan PTUN Jakarta yang membatalkan Keppres pengangkatan Patrialis Akbar sebagai hakim konstitusi, disusul masalah-masalah lain mengenai Mahkamah Konstitusi, hanya sebagian kecil dari begitu banyak peristiwa hukum menjelang akhir tahun.

Berikut ini adalah sejumlah peristiwa hukum penting yang ditulis hukumonline. Peristiwa yang diuraikan ini tak bisa lepas dari berita-berita lain yang relevan.

TGL

PERISTIWA

September

04

05

06

09

10

12

12

16

18

19

19

23

23

25

27

Oktober

01

02

02

10

16

17

18

22

25

28

29

30

November

1

6

12

18

26

29

Desember

3

11

13

17

18

19

23

Sumber : Hukum Online

3333′>

9 Januari 2014 - Posted by | Artikel Hukum, Berita Hukum Nasional, Berita Nasional | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: